THT - Kali ini THT akan mengulas tentang 7 stadion termegah di Indonesia sob. Di era sepak bola modern seperti sekarang ini, stadion tidak hanya digunakan sebagai tempat bermain sepak bola saja sob, tetapi juga sebagai tanda kebesaran klub sepak bola atau suatu Negara. Stadion yang megah merupakan idaman semua penggemar sepak bola, termasuk di Indonesia. Baru baru ini Indonesia mencatat prestasi yang gemilang di cabang sepak bola, nah inilah 7 stadion termegah di Indonesia versi THT :


1. Stadion Utama Gelora Bung Karno - Jakarta

Stadion Gelora Bung Karno merupakan bagian dari kompleks Gelanggang Olahraga Bung Karno. Stadion ini dinamai Gelora Bung Karno karena untuk menghormati Ir. Soekarno, presiden pertama Indonesia sekaligus pencetus gagasan pembangunan kompleks olahraga ini.

Stadion ini mulai dibangun sejak pertengahan tahun 1958 dan dibuka resmikan pada tanggal 24 Agustus 1962. Stadion ini awalnya berkapasitas 100.000 penonton, namun setelah direnovasi kapasitas stadion dikurangi menjadi 88.083 penonton.

Stadion ini biasanya digunakan sebagai arena pertandingan Timnas Indonesia dan juga sebagai home base Persija Jakarta.

2. Stadion Gelora Bandung Lautan Api - Bandung


Stadion Gelora Bandung Lautan Api terletak di Desa Mekar Mulya, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Pada awalnya nama stadion ini adalah Stadion Gedebage, namun nama tersebut hanya sementara sebelum dibuat peraturannya. Setelah ada keputusan pemerintah, maka pemberian nama stadion dilakukan lewat polling terhadap masyarakat dan nama Stadion Gelora Bandung Lautan Api mendapat suara terbanyak dari masyarakat.

Stadion ini dibuka resmikan pada tanggal 10 Mei 2013 oleh Walikota Bandung. Stadion ini berkapasitas 60.000 penonton. Stadion Gelora Bandung Lautan Api juga merupakan home base Persib Bandung.

3. Stadion Gelora Bung Tomo - Surabaya


 
Stadion Gelora Bung Tomo terletak di Surabaya, Indonesia. Stadion ini dibuka pada tanggal 6 Agustus 2010. Stadion ini digunakan sebagai home base Persebaya 1927 dan Persebaya Surabaya, menggantikan Stadion Gelora 10 November. Kapasitas stadion ini adalah 55.000 penonton.

4. Stadion Utama Palaran - Samarinda 



Stadion Utama Palaran merupakan bagian dari Kompleks Stadion Utama Kaltim. Stadion ini dibangun oleh pemerintah provinsi Kaltim untuk menghadapi PON XVII dan diresmikan penggunaanya oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 18 Juni 2008. Kapasitas stadion ini adalah 50.000 penonton.

5. Stadion Utama Pekanbaru - Riau



Stadion Utama Pekanbaru mulai dibangun pada tahun 2009 dan selesai pada tahun 2012. Stadion ini digunakan untuk PON 2012 dan Islamic Solidarity Games 2013. Stadion ini berkapasitas 44.000 penonton dan menghabiskan dana sebesar Rp 1,18 triliun untuk membangunnya.

6. Stadion Aji Imbut - Tenggarong



Stadion Aji Imbut terletak di Desa Perjiwa, Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kertanegara. Stadion ini dibangun sebagai sarana untuk PON XVII tahun 2008. Awalnya stadion ini bernama Stadion Madya Tenggarong atau Stadion Kudungga, kemudian pada tanggal 28 Maret 2011, Gubernur Kalimantan Timur meremikan stadion ini dengan nama Stadion Aji Imbut. Untuk saat ini Stadion Aji Imbut digunakan sebagai home base Mitra Kukar.

7. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring - Palembang



Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring digunakan sebagai home base Sriwijaya FC. Stadion ini memiliki 4 tribun yang dapat memuat 40.000 penonton.


Itulah 7 Stadion Termegah di Indonesia sob. Tentu saja kualitas stadion-stadion di atas tidak kalah dengan kualitas stadion di luar negeri. Oleh sebab kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dengan stadion-stadion tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top